Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah berpengaruh pembelajaran menggunakan teknik clustering terhadap kemampuan siswa dalam menulis dekriptif text dalam belajar bahasa inggris. Pembelajaran menggunakan cluster teknik ini adaah teknik pengelompokan ide kedalam sebuah lingakaran Dan menggabungkan ide -ide tersebut dalam mengembangkan sebuah teks. Pada penelitian ini npeneliti menggunakan satu kelas experimen penelitian ini menggunaka metode pre-experimen dengan design one group pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Lembah Melintang Pasaman Barat. Dalam pengambian sampel, peneliti memilih kelas dengan rata-rata nilai Yang paling rendah. Sehingga didapatkan responden sebanyak 27 siswa yang merupakan siswa kelas X IPS2. Dalam penelitian ini pemberian nilai dilakukan oleh peneliti dan guru. Rata-rata sebelum diberikan treatment (pretest) 66,94 dan setelah treatment (posttest) 73,5 dari guru mata pelajaran.berdasarkan hasil analisiss tes diperoleh Tcalculete=4,99 lebih besar dari Ttable = 2,06. Hal ini dapat disimpulkan bahwa clustering teknik memberi efek yang baik terhadap hasil belajar bahasa inggris khusus dalam kemampuan menulis siswa kelas X IPS-2 SMAN 1 Lembah Melintang Pasaman Barat.
Copyrights © 2024