JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Vol 18 No 2 (2024): Jurnal Perspektif Pendidikan

Analisis Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek di Sekolah Dasar

Andita, Cahyo Dwi (Unknown)
Kurniawati, Agnes Fibriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Implementasi model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) di SD St Agatha Palembang. 2) Hasil implementasi model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) di SD St Agatha Palembang. 3) Faktor penghambat dalam implementasi model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) di SD St Agatha Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh melalui wawancara bersama informan yaitu kepala sekolah, guru kelas dan guru mapel di SD St. Agatha Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Di SD St. Agatha Palembang telah menerapkan pembelajaran berbasis model PjBL di setiap kelasnya. 2) Efek dari penerapan model PjBL tersebut memiliki dampak positif bagi siswa berupa kemampuan berpikir kritis, meningkatkan keterampilan kerjasama dan kolaborasi, meningkatkan tanggungjawab siswa dan keaktifan siswa, melatih siswa untuk mandiri dan kerja sama serta keterampilan penyelesaian masalah. 3) Faktor penghambat dalam implementasi PjBL diantaranya alokasi waktu yang terbatas, ketersediaan sumberdaya dan fasilitas terbatas, kurangnya pelatihan bagi guru, kemampuan manajemen proyek yang rendah, dan karakteristik siswa yang beragam (seperti kemampuan, minat).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan ...