Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka dan dampaknya terhadap perubahan karakter siswa di SD Negeri 1 Air Satan, Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter siswa, seperti meningkatnya kemandirian, tanggung jawab, rasa percaya diri, dan kemampuan berpikir kritis. Siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran berbasis proyek yang memfasilitasi kolaborasi dan kreativitas.Beberapa tantangan yang diidentifikasi adalah keterbatasan sumber daya pendukung pembelajaran dan kurangnya keterlibatan orang tua dalam mendukung proyek siswa. Temuan ini mendukung teori konstruktivisme dan pembelajaran berbasis proyek yang berpusat pada siswa, dengan guru bertindak sebagai fasilitator. Implementasi Kurikulum Merdeka dapat diperkuat melalui peningkatan pelatihan guru, penyediaan fasilitas pendukung, serta kolaborasi yang lebih intensif dengan orang tua.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024