Jurnal Harmoni Nusa Bangsa
Vol 2, No 1 (2024): HARMONI NUSA BANGSA

Blended Learning: Konsep. Manfaat, dan Tantangannya, Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran PAI

Astriani, Nurul (Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)
Anbiya, Bakti Fatwa (Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknologi pendidikan berbasis blended learning ditinjau dari konsep, kelebihan dan tantangan serta dampaknya terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Pendekatan studi pustaka melibatkan analisis literatur dari berbagai sumber seperti buku, artikel, jurnal, dan dokumen yang relevan dengan topik penelitian, untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknologi terus mengalami kemajuan pada masa ini, pendidikan juga terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Metode blended learning banyak memiliki keuntungan dan kelebihan tetapi dalam implementasinya juga mempunyai tantangan tersendiri. Namun berbagai tantangan tersebut dapat diatasi dengan persiapan yang matang, mulai dari mempersiapkan alat hingga melatih guru, siswa, bahkan orangtua siswa. Blended learning dapat efektif dan efisien apabila seluruh persiapan yang cukup dan tepat. Pendidik dan peserta didik didorong untuk memperluas penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JHNB

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Ruang lingkup JHNB adalah semua kajian terkait dengan mata kuliah wajib perguruan tinggi, mata kuliah penciri perguruan tinggi, dan mata kuliah lain yang ...