Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB)
Vol 6, No 1 (2025)

ANALISIS EFEKTIVITAS SOCIAL MEDIA MARKETING PADA BRAND FASHION MUSLIM JAKARTA

Cahyati, Cucu (Unknown)
Yani, David Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas social media marketing pada brand fashion @diarahhijabstore di Jakarta, dengan fokus pada platform Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui insight akun Instagram @diarahhijabstore, wawancara dengan tim marketing, dan kuesioner online kepada konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram merupakan platform yang efektif bagi @diarahhijabstore dalam meningkatkan brand awareness dan menjangkau target audiens, yang ditunjukkan oleh tingginya reach dan impressions pada konten Instagram @diarahhijabstore, serta profile visits yang tinggi. @diarahhijabstore telah menerapkan strategi yang baik di Instagram, seperti fokus pada konten visual yang estetis, interaksi aktif dengan followers, dan pemanfaatan berbagai fitur Instagram. Namun, @diarahhijabstore perlu meningkatkan efektivitas Instagram dalam mendorong penjualan, mengingat rendahnya jumlah website clicks dan persentase responden yang melakukan pembelian. Beberapa rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas social media marketing @diarahhijabstore di Instagram adalah: (1) mengoptimalkan profil Instagram; (2) meningkatkan kualitas konten; (3) memanfaatkan influencer marketing; (4) mengoptimalkan Instagram Ads; dan (5) memanfaatkan fitur social commerce. Kata Kunci: social media marketing, Instagram, brand awareness

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMB

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB) adalah jurnal ilmu hukum yang diterbitkan oleh Fakultas Hukum Universitas Mitra Indonesia. Tujuan dari JMB untuk menyediakan akses terbuka penuh terhadap jurnal dan isinya sebagai bentuk dukungan terhadap pertukaran pengetahuan secara global dengan menjadikan hasil ...