Penelitian ini dilatar belakangi keingintahuan peneliti terhadap Implementasi Ice Breaking pada Mata Pelajaran Sejarah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang Tahun Ajaran 2023/2024. Beberapa tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana motivasi dan persepsi peserta didik terhadap Ice breaking pada pembelajaran sejarah kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang tahun 2023/2024; (2) Bagaimana penerapan Ice breaking pada pembelajaran sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang 2023/2024; (3) Bagaimana hasil dari Ice breaking pada pembelajaran sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang 2023/2024. Metode Penelitian: Eksperimen Semu dan jenis penelitian kuantitatif. Kesimpulan (1) Motivasi dan persepsi peserta didik terhadap Ice breaking pada pembelajaran sejarah kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang tahun 2023/2024 memiliki motivasi yang sangat baik, karena peserta didik secara antusias mengikuti proses kegiatan pembelajaran sejarah di kelas. (2) Penerapan Ice breaking pada pembelajaran sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang 2023/2024 dengan cara menggunakan tiga macam strategi penerapan Ice breaking dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu, pertama menggunakan Ice breaking senam atau peregangan untuk memulai pembelajaran sejarah atau pada saat pembukaan pembelajaran sejarah. Kedua menerapkan Ice breaking game atau permainan dilakukan pada saat inti pembelajaran sejarah dan strategi ketiga yaitu dengan tepuk tangan, bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik, memberikan apresiasi atas antusias serta semangat dalam proses pembelajaran sejarah. (3) Hasil dari Ice breaking pada pembelajaran sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Palembang 2023/2024 mendapatkan hasil 0,000 dengan dasar pengambilan keputusan yaitu jika nilai signifikasinya (2-tailed) < dari 0.05 atau lebih kecil dari 5% maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya hasil dari penerapan Ice breaking saat proses pembelajaran sejarah berlangsung dapat membawa perubahan terhadap motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang.
Copyrights © 2024