Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi dengan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi SMP Negeri 3 Majauleng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ada tiga yaitu, angket/kuisioner, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan tepatnya di SMP Negeri 3 Majauleng pada tanggal 25 September sampai 25 Oktober 2023. Sampel penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Majauleng sebanyak 60 siswa. Data yang diperoleh kemudian di analisa menggunakan korelasi Pearson Product Moment untuk mengetahui derajat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar TIK. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh nilai rhitung 0,406 dan rtabel sebanyak 0,258 memiliki tingkat interpretasi yang sedang atau cukupan. Maka dari itu rhitung lebih besar dari rtabel maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar TIK siswa SMP Negeri 3 Majauleng. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa motivasi belajar merupakan suatu kecenderungan untuk mengembangkan prestasi atau hasil belajar pada diri seorang pelajar untuk melakukan kegiatan aktif dalam pembelajaran, sehingga dapat mencapai hasil yang diinginkan dan intensitas motivasi belajar seseorang akan sangat menentukan prestasi belajarnya.
Copyrights © 2024