ProBisnis : Jurnal Manajemen
Vol. 15 No. 5 (2024): October: Management Science

Sektor Perdagangan di Kota Tangerang: Analisis Potensi Ekonomi Melalui Pendekatan Kebijakan Fiskal

Wicaksono, Baghas Budi (Unknown)
Kusnawan, Agus (Unknown)
Satrianto, Heri (Unknown)
Wibowo, F.X Pudjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak berbagai jenis belanja dan tenaga kerja terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Tangerang dan memberikan rekomendasi kebijakan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Metode yang digunakan adalah analisis regresi dengan dua persamaan, yang mengukur pengaruh variabel seperti tenaga kerja sektor perdagangan, rasio belanja sektor perdagangan terhadap APBD, serta belanja pada subsektor spesifik, termasuk perdagangan besar, perdagangan kecil dan eceran, hotel dan pariwisata, serta periklanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belanja pada subsektor perdagangan besar, kecil dan eceran, serta sektor pariwisata dan periklanan memiliki dampak signifikan terhadap PDRB, sedangkan belanja modal mengalami penurunan yang memerlukan perhatian lebih. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar Pemerintah Kota Tangerang meningkatkan alokasi anggaran pada subsektor-sektor yang terbukti berdampak positif terhadap PDRB. Selain itu, evaluasi dan penyesuaian terhadap belanja modal serta belanja barang dan jasa diperlukan untuk memastikan efisiensi dan efektivitas anggaran dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Dengan penerapan kebijakan ini, diharapkan Kota Tangerang dapat memperkuat basis ekonominya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ProBisnis

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

ProBisnis: The Management Journal was previously published in print, then in 2020 it was changed to online. This journal has ISSN: 2086-7654( Print) and ISSN: 2808-7240(Online). The scope of this journal is Economics, Management, Marketing, Strategic Management, Entrepreneurship, Leadership ...