ProBisnis : Jurnal Manajemen
Vol. 15 No. 5 (2024): October: Management Science

Strategi Diferensiasi Speciality Goods: Studi Kasus Keramik Naruna

Nggili, Ricky Arnold (Unknown)
Prasadhya, Ignatius Bias Galih (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2024

Abstract

Pasar keramik merupakan pasar untuk speciality goods, yang memiliki segmentasi pasar berbeda dan spesifik. Keramik Indonesia terkenal hingga mancanegara, namun memiliki persaingan yang kompetitif. Kualitas, fungsi dan harga merupakan indikator penting dalam persaingan pasar keramik. Naruna sebagai salah satu produsen keramik dengan ciri khas yang unik berusaha untuk masuk dan berkompetisi dalam pasar ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji strategi diferensiasi produk yang dialkukan Naruna, agar diterima oleh pasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan observasi dan wawancara mendalam sebagai teknik pengambilan data. Analisis data menggunakan analisis SWOT dan pendekatan design thinking. Produk keramik Naruna yang berkualitas dan unik membuat harganya sangat mahal di pasar, dan tidak menjangkau kelompok menengah ke bawah. Untuk itu perlu dikembangkan kekuatan untuk menekan kelemahan untuk membuat produk keramik yang berkualitas dan unik, tapi dengan harga yang terjangkau. Strategi diferensiasi Naruna dengan melakukan inovasi produk yang berkualitas dengan menekan biaya produksi. Selain itu produk yang memiliki karakteristik khusus ini perlu dikemas dengan packaging yang estetik dan menambah add value pada pelayanan konsumen. Selanjutnya, Naruna juga menggunakan media sosial untuk menjangkau pasar spesifik dalam memperkenalkan produk dan merek yang dimlikinya. Dengan strategi ini, Naruna akan mendekatkan produk dan mereknya pada konsumen, sekaligus menambah nilai keuntungan bagi bisnis yang dijalaninya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ProBisnis

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

ProBisnis: The Management Journal was previously published in print, then in 2020 it was changed to online. This journal has ISSN: 2086-7654( Print) and ISSN: 2808-7240(Online). The scope of this journal is Economics, Management, Marketing, Strategic Management, Entrepreneurship, Leadership ...