Penelitian ini menganalisis kesalahan berbahasa dalam penulisan berita di media massa online Kompas.com, dengan fokus pada kesalahan ejaan, pembentukan kata, pemilihan kata, dan penyusunan kalimat. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh dari berita di Kompas.com dengan menggunakan teknik baca dan catat. Hasil penelitian menunjukkan berbagai kesalahan berbahasa, seperti kesalahan pembentukan kata, pemilihan kata, dan penyusunan kalimat. Penelitian ini juga menyarankan penggunaan hasil analisis sebagai bahan ajar di SMA untuk meningkatkan keterampilan menulis berita siswa, dengan fokus pada penggunaan bahasa yang benar dan efektif. Implikasinya terhadap bahasa Indonesia SMA sebagai bahan ajar disusun berdasarkan temuan kesalahan tersebut untuk membantu siswa memahami dan memperbaiki kesalahan berbahasa dalam penulisan berita. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya mendalami kesalahan berbahasa dalam penulisan berita di Kompas.com, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap dunia pendidikan dengan menyediakan bahan ajar yang praktis dan dapat diaplikasikan dalam konteks pembelajaran siswa SMA.Kata Kunci: Kesalahan Berbahasa, Berita, Bahan Ajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024