Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai 1) aspek situasional hegemoni, (2) aspek institusional hegemoni, dan (2) aspek sosiokultural hegemoni dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas XII kurikulum 2013. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Orientasi teoretis yang digunakan sebagai analisis penelitian adalah Analisis Wacana Kritis (AWK) menurut Norman Fairclough. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu teknik dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis wacana kritis yang dikembangkan oleh Fairclough (2013). Terdapat tiga tahapan dalam teknik analisis wacana kritis Fairclough, yaitu deskripsi, interpretasi, dan eksplanasi. Hasil penelitian ini Terdapat upaya hegemoni dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas XII kurikulum 2013 dalam tiga aspek, yaitu situasional, institusional dan sosiokultural. Rekomendasi untuk penelitian berikutnya diharapkan dapat memperluas bahan kajian sehingga mampu memberikan kontribusi untuk evaluasi buku teks sebagai pedoman pembelajaran di sekolah. Kata Kunci: Praktik; Sosiokultural; Hegemoni; Buku Teks; Bahasa Indonesia
Copyrights © 2024