Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model think pair share pada pembelajaran teks eksposisi siswa kelas VIII A SMPN 22 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian kualitatif ini digunakan untuk meneliti kondisi secara ilmiah dengan terdiri dari empat tahapan: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Tes, 4) Dokumentasi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model think pair share pada pembelajaran teks eksposisi. Deskripsi dalam penelitian ini berpedoman pada rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah disusun oleh guru, serta pedoman pelaksanaan model pembelajaran think pair share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model think pair share dalam pembelajaran bahasa Indonesia Kurikulum 2013 khususnya pada materi pembelajaran teks eksposisi di kelas VIII A SMPN 22 Kota Jambi telah terlaksana dengan baik dan sistematis sesuai dengan langkah-langkah dalam model pembelajaran think pair share, yaitu guru memberi waktu kepada siswa untuk membagi kelompok secara berpasangan dan berdiskusi, kemudian menyampaikan hasil diskusi masing-masing kelompok secara bergantian di depan kelas. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan kepada guru hendaknya dalam pembelajaran materi teks eksposisi ataupun materi yang lainnya untuk dapat menggunakan model think pair share yang lebih cermat, baik dalam proses perencanaan maupun dalam pelaksanaannya sehingga dapat melahirkan kreatifitas bagi setiap siswa.Kata Kunci: Model Pembelajaran, Teks Eksposisi, Think Pair Share
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024