Kegiatan ini bertujuan memberikan penguatan guru tentang numerasi melalui pembelajaran berdiferensiasi sehingga guru mampu merancang pembelajaran numerasi di kelas. PKM dilaksanakan di SMK Negeri 2 Lubuklinggau dari Agustus-Oktober 2024 dengan melibatkan 30 guru produktif. Kegiatan ini menggunakan siklus Plan, Do, See dan Redesign. Untuk mengukur ketercapaian peserta menggunakan tes awal dan tes akhir. Adapun tahapan Plan (Perencanaan) dimulai dengan identifikasi masalah pembelajaran yang meliputi materi ajar, strategi pembelajaran, dan siapa yang akan berperan menjadi guru model; Tahap Do (buka kelas), yaitu: (a) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh salah seorang guru model untuk mempraktekkan perencanaan pembelajaran numerasi, dan (b) Pengamatan atau observasi yang dilakukan oleh guru, kepala sekolah bertindak sebagai pengamat. Pada Tahap See (refleksi) karena upaya perbaikan proses pembelajaran berdasarkan hasil pengamatan sebagai bahan perbaikan untuk ditingkatkan. Hasil PKM menunjukkan bahwa Lesson study pembelajaran berdiferensiasi sangat bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi numerasi. Lesson study memberikan dampak positif guru untuk berkolaborasi dan berbagi praktik baik dalam strategi mengajar numerasi sehingga dapat memperbaiki kualitas pembelajaran. Lesson study menumbuhkan keterampilan pemecahan masalah melalui kolaboratif. Lesson Study, mengubah paradigma berpikir dan kebiasaannya yakni mengubah pembelajaran lama yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa.
Copyrights © 2025