BERBAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 2 No 3 (2025): BERBAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat | January 2025

Pelatihan Branding Produk untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Sambal Pecel

Musa, Musa (Unknown)
Nasir, Nasir (Unknown)
Haerul, Haerul (Unknown)
Henri, Henri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2025

Abstract

UMKM Sambal Pecel menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan dalam pemahaman dan penerapan branding produk sebagai strategi untuk meningkatkan daya saing di pasar. Sebagian besar pelaku UMKM masih berfokus pada produksi dan penjualan tradisional, tanpa memanfaatkan branding yang efektif untuk membangun loyalitas konsumen dan memperluas jangkauan pasar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan branding produk. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM mengenai pentingnya branding sebagai strategi bisnis, sekaligus meningkatkan keterampilan mereka dalam menciptakan desain branding yang menarik dan sesuai kebutuhan pasar. Pelatihan ini melibatkan dosen dan mahasiswa, serta diikuti oleh 8 peserta dari UMKM Sambal Pecel. Materi pelatihan meliputi pentingnya branding dalam meningkatkan daya saing, serta pelatihan praktik langsung menggunakan aplikasi Canva untuk menciptakan branding produk. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam membuat branding produk, serta kesadaran akan pentingnya strategi branding dalam meningkatkan daya saing usaha. Evaluasi menunjukkan respons positif dari peserta, yang mengakui bahwa pelatihan ini relevan dan bermanfaat dalam mendukung pengembangan usaha mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

BERBAKTI

Publisher

Subject

Humanities Dentistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Berbakti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat covers a wide range of topics related to community services such as training, marketing, local food safety, Appropriate Technology, design, community empowerment, social access, border areas, less developed areas, and education for sustainable ...