Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 4 No 4 (2024): Vol. 4 No. 4 Edisi November 2024

PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Wardah, Hildatul (Unknown)
Maknun, Lu’luil (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara peran guru dan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Bagaimana guru dapat memengaruhi motivasi belajar siswa da faktor-faktor apa yang terlibat dalam proses tersebut. Dari penilitian ini adalah untuk memahami hubungan antara perilaku guru dan tingkat motivasi belajar siswa serta untuk memberikan wawasan yang berguna bagi pengembangan pendekatan pengajaran yang lebih efektif. Metode penilitian yang digunakan meliputi studi literatur untuk mengumpulkan informasi tentang teori-teori motivasi belajar dan praktik-praktik terbaik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Data yang dianalisis terdiri dari hasil-hasil penilitian terkait, buku-buku dan artikel ilmiah yang berkaitan dengan topik ini. Dari analisis data disimpulkan bahwa peran guru sangat penting dalam memotivasi siswa melalui interaksi yang positif, memberikan dukungan, memberikan tantangan yang sesuai, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Penilitian ini menyoroti pentingnya peran guru dalam meningkatkan keinginan siswa untuk belajar di sekolah dasar dan menekankan perlunya pengembangan strategi pengajaran yang memperhatikan factor-faktor motivasi siswa. Hasil dari penilitian ini bahwa peran guru adalah sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, evaluator, motivator.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...