Pemanfaatan model pembelajaran berbasis case method pada materi pengayaan pertambangan ilegal dalam pelestarian lingkungan untuk pengayaan materi aja SMP Negeri 29 Samarinda dengan enam aspek indikator yang sudah berjalan sesuai tahapan-tahapan dalam model pembelajaran berbasis case method. SMP Negeri 29 Samarinda merupakan sekolah yang sangat memberikan dukungan kepada seluruh siswa untuk terus berkembanga menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dukungan ini dapat berupa pelaksanaan peran pihak sekolah sebagai fasilitator dan evaluator yang baik bagi para siswa melalui adanya pengayaan materi ajar yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru bagi siswa tentang alam sekitar. Pengayaan materi ajar SMP Negeri 29 Samarinda dengan pemanfaatan model pembelajaran pada materi pengayaan pertambangan ilegal memberikan dampak positif pada proses pembelajaran di dalam kelas. Hal tersebut terbukti dengan optimisnya siswa menyelesaikan tugas diskusi kelompok, memahami materi dan kegigihan dalam mengikuti proses pembelajaran PPKn yang berlangsung. Selain itu berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata nilai 90 perkelompok diskusi. Hal tersebut membuktikan bahwasanya pembelajaran PPKn dengan pengayaan materi pertambangan ilegal dalam pelestarian lingkungan dengan pemanfaatan model pembelajaran berbasis case method efektif digunakan untuk materi pengayaan
Copyrights © 2024