Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan esmosional, efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMAN 8 Pangkep pada tahun pelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa jurusan IPA SMAN 8 pangkep yang terdiri dari 124 orang siswa. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu sampel total dengan jumlah sampel sebanyak 124 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner (angket) dan tes. Kuesioner (angket) digunakan untuk memperoleh data kecerdasan emosional, data efikasi diri dan data motivasi belajar, sedangkan Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar biologi siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar biologi siswa dengan kontribusi 13,2%, (ii) Terdapat pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar biologi siswa dengan kontribusi 7%, (iii) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa dengan kontribusi 9,7%, (iv) Terdapat pengaruh kecerdasan emosional, efikasi diri dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa dengan kontibusi 14,4%.
Copyrights © 2024