Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 6 No. 2 (2024): Oktober 2024

Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Operasi Aljabar

Elvianika, Alifia (Unknown)
Aini, Indrie Noor (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Komunikasi menjadi salah satu kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa ketika belajar matematika karena bisa membantu siswa untuk memahami konsep matematika sehingga hasil belajarnya menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa SMP ketika menyelesaikan soal Operasi Aljabar. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D dan VIII E di SMP Negeri 2 Klari sebanyak 52 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan instrumen yang digunakan adalah instrumen soal tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan 5 butir soal cerita uraian tentang operasi aljabar kepada siswa, lalu jawaban siswanya dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan mendeskripsikan data sampel ke dalam bentuk yang lebih mudah dipahami. Berdasarkan hasil kategorisasi siswa menurut kemampuan komunikasi matematis, 6 orang siswa berada dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 12%. Selanjutnya, 45 orang siswa berada dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 87% dan 1 orang siswa lainnya berada dalam kategori rendah dengan persentase sebesar 2%. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi operasi aljabar adalah 9,92 dimana nilai rata-rata ini belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) mata pelajaran matematika di sekolah tersebut yaitu 75. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII D dan VIII E di SMP Negeri 2 Klari masih rendah karena dari 52 orang siswa tidak ada satupun siswa yang mampu mencapai nilai KKM karena nilainya kurang dari 75.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...