Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK pada soal materi matriks. Alasan dilakukannya penelitian ini karena rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK saat mengerjakan soal materi matriks. Berdasarkan observasi dan tes awal, siswa hanya mampu sampai langkah merencanakan rencana pemecahan masalah dari 4 langkah kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 23 siswa kelas 11 jurusan Grafika SMK Taruna Karya 1 Karawang yang dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis (tinggi, sedang, dan rendah). Instrumen yang digunakan meliputi tes dan wawancara. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pemecahan masalah matematis, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang melibatkan tiga tahap utama: 1) Reduksi Data, 2) Penyajian Data, dan 3) Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis rendah hanya mampu sampai Langkah Merencanakan Rencana Pemecahan Masalah, siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis sedang mampu sampai Langkah Melaksanakan Rencana Pemecahan Masalah dan siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi mampu mengaplikasikan langkah kemampuan pemecahan masalah matematis secara sempurna.
Copyrights © 2025