Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa serta penyebab kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal fungsi kuadrat menggunakan prosedur Newman di SMAS PAB 8 SAENTIS. Penelitian deskriptif kualitatif ini melibatkan 22 siswa kelas XI di SMAS PAB 8 SAENTIS sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar persentase kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita fungsi kuadrat sesuai prosedur Newman, ialah sebagai berikut : (a) kesalahan membaca sebesar 5,68%, (b) kesalahan memahami sebesar 23,86%, (c) kesalahan transformasi sebesar 15,9%, (d) kesalahan keterampilan proses sebesar 46,59%, dan (e) kesalahan dalam penulisan jawaban akhir sebesar 52,27%. Dengan mengidentifikasi dan memahami berbagai jenis kesalahan yang terjadi, pendidik dapat merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif.
Copyrights © 2025