Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol. 5 No. 1 (2025): Jurnal WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) - Inpress

PERANCANGAN GAME BASED LEARNING FOCUSE BERMUATAN BUDAYA BALI UNTUK MENINGKATKAN FOKUS PENDERITA ADHD

I Putu Arya Vidyananta (Unknown)
Ni Made Noviyanthi (Unknown)
Ni Made Sri Widiantari (Unknown)
Luh Madori Sekarasari (Unknown)
Ni Kadek Sri Widyantari (Unknown)
Luh Gede Kusuma Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini bertujuan untuk merancang game berbasis pembelajaran dengan muatan budaya Bali yang dapat meningkatkan fokus anak penderita Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Game ini dirancang dengan mengintegrasikan elemen-elemen budaya Bali, seperti musik tradisional dan tarian tradisional di dalam skenario dan aktivitas permainan. Metode Kegiatan yang digunakan adalah desain dan pengembangan (design and development) yang meliputi tahap analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, dan evaluasi. Sasaran kegiatan ini adalah anak-anak penderita ADHD Di SLB N 2 Buleleng. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa game berbasis pembelajaran dengan muatan budaya Bali dapat meningkatkan fokus dan perhatian anak-anak penderita ADHD secara signifikan. kegiatan ini juga menemukan bahwa unsur budaya lokal yang disertakan dalam game dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan anak-anak dalam proses pembelajaran. Implikasi dari kegiatan ini menunjukkan potensi penggunaan budaya lokal sebagai media edukatif yang efektif dalam membantu anak-anak dengan kebutuhan khusus, khususnya ADHD, untuk meningkatkan kemampuan fokus mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jwl

Publisher

Subject

Other

Description

WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengadian Kepada Masyarakat) Journal is a scientific multidisciplinary journal published by Yayasan Lavandaia Dharma Bali twice a year; January and July. It is a national journal that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this ...