Journal of Language, Literature, and Arts (JoLLA)
Vol. 4 No. 12 (2024)

Aktual sebagai Rekomendasi Cara untuk Membentuk Kecakapan Literasi Abad 21

Damayanti, Nila Mahardikawati Eka (Unknown)
Pratiwi, Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Kajian literatur memiliki peran penting dalam menyoroti rendahnya minat membaca peserta didik, yang tetap menjadi tantangan utama dalam pelaksanaan program literasi sekolah, meskipun berbagai upaya telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menawarkan rekomendasi strategis dalam membentuk kecakapan literasi abad ke-21 melalui penggunaan Jurnal AKTUAL (Analisis Kebutuhan dan Tujuan Literasi). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada analisis data deskriptif yang bersumber dari berbagai kajian literatur terkait. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi, memanfaatkan sumber-sumber tertulis untuk memperoleh informasi yang relevan dan mendalam. Data dianalisis menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), yakni dengan membandingkan dan mensintesis hasil penelitian sebelumnya yang relevan dengan fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jurnal AKTUAL dapat menjadi pendekatan efektif dalam membentuk kecakapan literasi abad ke-21. Pendekatan ini melibatkan proses analisis kebutuhan literasi individu peserta didik, penentuan tujuan pembelajaran literasi, dan pengembangan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Penggunaan jurnal ini membantu peserta didik melatih keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, serta tanggung jawab dalam menentukan tujuan literasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi Jurnal AKTUAL dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan keterampilan literasi peserta didik secara holistik, sekaligus mempersiapkan mereka menghadapi tantangan dunia global abad ke-21. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan program literasi sekolah yang lebih terarah dan efektif. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi implementasi Jurnal AKTUAL secara langsung dalam konteks pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fs

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts is a double-blind peer-reviewed journal published monthly (pISSN 2797-0736 eISSN 2797-4480). This journal publishes scientific articles on language, literature, library information management, and arts. It publishes empirical and theoretical studies ...