Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 1 (2024): Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media 3D Watercycle untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMKN 1 Madiun

Ida Wahyuningtyas (Universitas PGRI Madiun)
Ika Krisdiana (Universitas PGRI Madiun)
Rintis Handayani (SMKN 1 Madiun)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2024

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di SMKN 1 Madiun, kegiatan pembelajaran masih berjalan secara tradisional yakni guru memberikan materi dan peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru. Sehingga siswa merasa bosan kurang fokus dalam mendengarkan penjelasan dari guru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analaisis kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkolaborasi dengan guru kelas sebagai kolaborator dan berperan sebagai observer penelitian. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Madiun, yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 17 perempuan dan 17 laki-laki. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui lembar observasi dan soal tes posttest. Penelitian ini menggunakan model siklus dari Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus, dan masing-masing siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dikatakan tuntas atau berhasil apabila rata-rata nilai peserta didik yang mencapai KKM 70 pada soal evaluasi atau posttest sebanyak 80%. Dalam penelitian ini, analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif . Penelitian ini bertujuan ntuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Media 3D Watercycle untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMKN 1 Madiun. Dari hasil penelitian yang telah dikumpulkan maka didapatkan hasil presentase nilai ketuntasan pada prasiklus hanya sebesar 26,47 %. Kemudian terjadi peningkatan hasil belajar yaitu pada siklus I dengan presentase ketuntasan sebesar 52,94 % dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi dengan presentase sebesar 82,35% .

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edukasia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran has two versions, namely print and online, all of which are registered with the ISSN established by the Indonesian Institute of Sciences (LIPI) e-ISSN 2721-1169 (online) and ISSN 2721-1150 (print). Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran is a medium ...