Perusahaan komersial makanan dan minuman yang terdaftar di Indonesia dari tahun 2019 hingga 2023 adalah fokus dari penelitian ini, yang bertujuan untuk mengevaluasi secara eksperimental hipotesis bahwa leverage, perkembangan penjualan, dan profitabilitas berdampak pada nilai perusahaan. Dengan menggunakan teknik pemilihan purposive, penelitian ini menggunakan sumber-sumber sekunder dan meneliti bisnis ritel yang terdaftar di pasar saham Indonesia antara tahun 2019 hingga 2023. Penelitian ini mengambil sampel 28 perusahaan dari total 95 perusahaan yang terdaftar di pasar saham Indonesia. E-Views12 adalah alat analisis data yang digunakan. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa nilai perusahaan dipengaruhi oleh profitabilitas dan leverage, tetapi tidak dipengaruhi oleh pertumbuhan penjualan. Dengan temuan studi ini sebagai panduan, investor akan lebih mudah memilih harga saham yang menguntungkan dengan mempelajari variabel-variabel apa saja yang mempengaruhi nilai perusahaan, yang pada gilirannya mempengaruhi harga saham.
Copyrights © 2024