Jurnal Nyanadassana: Jurnal Penelitian Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan
Vol 3 No 2 (2024)

Evaluasi Pelaksanaan Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Hasil Penilaian Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

Farwati, Sella (Unknown)
Dhamayanti, Wina (Unknown)
Sastrosupadi, Adji (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa STAB Kertarajasa terhadap hasil Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Kertarajasa tahun 2023/2024 semester VII. Penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang ada di semester VII tahun akademik 2023/2024 dengan jumlah 26 dan ukuran sampel yang digunakan sebanyak 26 mahasiswa. Mahasiswa yang dijadikan sebagai responden ini sudah melaksanakan PPL. Hasil percobaan menunjukan keragaan (performance) hasil Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap lima indikator, yaitu NPM berada pada kategori sangat baik dengan persen capaian 82% dari yang diharapkan (100%), NLBS berada pada kategori baik dengan persen capaian 77,4% dari yang diharapkan (100%), NPS berada pada kategori baik dengan persen capaian 81% dari yang diharapkan (100%), NSP berada pada kategori sangat baik dengan persen capaian 83,3% dari yang diharapkan (100%), dan NSS berada pada kategori sangat baik dengan persen capaian 89,10% dari yang diharapkan (100%). Berdasarkan Uji Korelasi, maka terdapat hasil yang menunjukan hubungan positif korelasi antara hubungan nilai akhir PPL dengan lima indikator, dimana kelima indikator ini menujukan hubungan positif. Dengan demikian pelaksanaan penelitian ini dianggap berada pada titik yang efektif untuk digunakan dan dilanjutkan sebagai evaluasi program lanjutan untuk menilai sejauh mana kefektifan dari pelaksanaan PPL bagi mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jnd

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

NYANADASSANA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Keagamaan. Jurnal ini berfokus pada penelitian lapangan pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan ekonomi sosial-keagamaan. Jurnal ini juga bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara pendekatan tekstual dan kontekstual terhadap pendidikan, sosial, dan ...