Tujuan penelitian ini adalah dalam rangka mendiskripsikan difrensiasi kemampuanpebelajar dalam reading comprehension pelajaran Bahasa Inggris yang diajar dengan duametode berbeda. Peneliti menggunakan rancangan penelitian nonequivalent control groupdesign. Peneliti melibatkan 115 pebelajar Madrasah Tsanawiyah kelas VIII putri sebagaisubjek penelitian. Subjek penelitian tersebut dikelompokkan ke dalam dua group yaitugroup eksperimen dan group kontrol. Jenis research data analysis yang digunakan adalahIndependent Sample Test. Temuan penelitian yang didapatkan adalah (1) Tidak adaperbedaan kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan sebelum diajar menggunakanmetode CIRC versus siswa yang diajar dengan metode konvensional. Hal ini dibuktikandengan perolehan nilai pada hasil ujian pra-test pada group CIRC sebesar 61.9153 dan nilaihasil ujian pra-test pada group konvensional sebesar 61.4444 pada taraf signifikansi 0.329lebih besar daripada 0.05. (2) Ada perbedaan kemampuan siswa dalam memahami teksbacaan sesudah diajar dengan menggunakan metode CIRC versus metode konvensional.Pengambilan keputusan didasarkan pada perolehan nilai hasil ujian pos-tes pada kelompokCIRC sebesar 79.1864 dan nilai rata-rata pada hasil pos-tes pada group konvensionaldengan nilai 60.2143 dengan taraf signifikansi sebesar 0.009 lebih kecil daripada 0.05.Kesimpulannya, temuan riset ini bisa diungkapkan bahwa metode CIRC mampumeningkatkan keterampilan reading comprehension pelajaran Bahasa Inggris siswa secaralebih efektif daripada metode konvensional.
Copyrights © 2024