Tax Literacy and Leadership Agility: Indigenous Peoples Awareness in Paying Taxes
2024: Resiliensi Indonesia dalam Pusaran Disrupsi Global

Hegemoni "Clash of Champions Ruang Guru" di Tengah Maraknya Tayangan Non Edukatif

Asni Sari, Kurnia (Unknown)
Reftantia, Ghina (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Artikel ini menganalisis hegemoni tayangan edukatif "Clash of Champions" yang disajikan oleh platform edukasi digital Ruangguru di tengah maraknya tayangan non-edukatif di era digital. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan eksplanasi berdasarkan analisis teori hegemoni Antonio Gramsci, penelitian ini menunjukkan bagaimana tayangan edukatif yang dikemas dalam bentuk kompetisi siswa berprestasi mampu menarik minat remaja. Artikel ini mengeksplorasi strategi kreatif dan pemasaran yang digunakan oleh Ruangguru serta implikasinya terhadap perubahan preferensi remaja terhadap tayangan edukatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui hegemoni yang tepat, konten edukatif dapat menggeser dominasi tayangan non-edukatif di platform media digital, memberikan manfaat bagi perkembangan intelektual remaja dan kepribadiannya, meningkatkan keinginan mereka untuk memperdalam kemampuan kognitif., serta remaja dapat memilih secara rasional tayangan yang bermanfaat bagi mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

proceedings

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Over the last ten years, the world has been gripped by rapid, wide ranging changes. The world today is a society that is experiencing and living a new world order, which many today refer to as the “global and digital society”. Rapid advancements in information technology have made territorial ...