Manajemen sekolah dapat diartikan sebagai proses mengenai perencnaan, pengorganisasian, penggerakan, serta pengawasan dengan tujuan untuk , Mencapai tujuan suatu Lembaga yang telah ditentukan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, dengan meliputi: perencanaan kurikulum, program pembelajaran, penggunaan sumber daya, dan pengalokasian dana, menciptakan lingkungan belajar yang efektif, mengembangkan potensi siswa, dan meningkatkan prestasi akademik dan bagaimana Kerja sama yang baik dari seluruh anggota sekolah. Penelitian ini menganalisis bagaimana penerapan prinsip-prinsip manajemen yang efektif, meliputi perencanaan strategis, pengorganisasian sumber daya (termasuk SDM, keuangan, dan sarana prasarana), penggerakan dan pengawasan, dapat berdampak signifikan pada peningkatan kualitas pembelajaran, prestasi siswa, dan iklim sekolah yang kondusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sekolah yang partisipatif, transparan, dan akuntabel, serta berorientasi pada peningkatan kapasitas guru dan pemberdayaan siswa, merupakan faktor kunci keberhasilan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan dan praktik manajemen sekolah yang lebih efektif dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024