Nady al-Adab
Vol. 21 No. 3 (2024): Nady al-Adab

Pengembangan Bahan Ajar Fonologi Bahasa Arab Model Addie

Haeruddin, Haeruddin (Unknown)
Haeriyyah, Haeriyyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran berupa bahan ajar mata kuliah Fonologi bahasa Arab. Penelitian pengembangan ini didasari oleh belum tersedianya bahan ajar inovatif yang sesuai dengan tuntutan kurikulum Universitas Hasanuddin Tahun 2023 (K-23) pada mata kuliah Fonologi Bahasa Arab di Program Studi Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin. Penelitian ini merupakan penelitian yang merujuk pada model ADDIE yang terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket validasi (validasi ahli media dan validasi ahli materi) dan angket respon mahasiswa. Hasil validasi bahan ajar fonologi bahasa Arab menunjukkan bahwa ahli materi menilai buku ajar berkualifikasi baik, demikian pula dengan ahli desain menilai buku ajar berkualifikasi baik. Adapun respon mahasiswa pada saat ujicoba menunjukkan bahwa buku ajar yang dihasilkan berada pada kualifikasi baik. Dengan demikian bahan ajar fonologi bahasa Arab layak, dan siap digunakan dalam pembelajaran khusunya di program studi di Sastra Arab, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin. Kata Kunci: Bahan ajar, fonologi, bahasa Arab, ADDIE

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

naa

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Officially Nady al-Adab: Jurnal Nady al-Adab has partnered with Ittihad Mudarrisii al-Lughah al-'Arabiyyah (IMLA). In each upcoming issue, the manager of the Nadi al-Adab journal is committed to prioritizing articles that discuss language, literature, art and culture studies in an Arabic ...