Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media digital Crossword Puzzle berbasis nilai moral pada materi cerita fiksi guna meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RD) dengan model ADDIE, yang mencakup tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Proses pengembangan meliputi pembuatan media yang diperkaya dengan gambar dan video, dilanjutkan dengan validasi oleh ahli materi dan ahli media, serta uji coba pada peserta didik kelas kecil dan besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital ini memiliki tingkat kepraktisan yang tinggi. Validasi materi memperoleh skor 80%, termasuk dalam kategori “Layak” sedangkan validasi media memperoleh skor 99% dengan kategori “Sangat Layak” Respon peserta didik menunjukkan tingkat kepraktisan 92% pada kelas kecil dan 94% pada kelas besar, keduanya dalam kategori “Sangat Layak” Berdasarkan hasil tersebut, media digital Crossword Puzzle ini efektif digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran menyimak cerita fiksi berbasis nilai moral. Selain itu, media ini mendukung guru dalam menciptakan pembelajaran interaktif dan membantu siswa dalam menginternalisasikan nilai moral. Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengembangkan media ini lebih lanjut dengan elemen audio dan visual tambahan, serta mengujinya pada keterampilan bahasa lain.
Copyrights © 2024