Sekolah dapat diandalkan apabila melakukan pengelolaan pendidikan dengan memberikan wadah bagi siswa berprestasi. Penelitian ini mengenai strategi optimalisasi program unggulan sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa dibidang Sains. Penelitian menggunakan metode kualitatif jenis multi kasus dengan teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian multi kasus ini untuk mencari tahu perbedaan dan persamaan strategi optimalisasi program di SMAN 1 Malang (L1) dan MAN 2 Kota Malang (L2). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) latar belakang pengoptimalan program unggulan; (2) strategi optimalisasi yang diterapkan program; (3) pihak yang terlibat dan perannya dalam program; (4) faktor pendukung dan penghambat serta solusinya; (5) hasil-hasil dari pengoptimalan program unggulan dalam meningkatkan prestasi siswa di bidang Sains. Adapun hasil penelitian yakni ditemukan strategi optimalisasi program peningkatan prestasi siswa dalam bidang Sains di L1 dan L2, yang melibatkan beberapa pihak serta adanya hasil dari pengoptimalan program yakni konsistensi prestasi siswa yang bermanfaat bagi siswa serta sekolah.
Copyrights © 2024