Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan capaian akademik peserta didik yaitu penerapan program pembelajaran yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemenuhan indikator program rolling class yang dipersyaratkan untuk peningkatan prestasi akademik peserta didik, tingkat pencapaian akademik peserta didik yang mengikuti program Rolling Class di SMP, tingkat pencapaian akademik peserta didik yang mengikuti program Konvensional di SMP, dan mengetahui perbedaan signifikan dalam pencapaian akademik antara kelompok siswa yang mengikuti program rolling class dan kelompok siswa konvensional di tingkat SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan penelitian design kausal komparatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu data nilai akademik peserta didik dan angket yang berjenis skala dikotomi. Penelitian ini menunjukkan bahwa program rolling class di SMP Kota Malang sudah memenuhi indikator program rolling class yaitu struktur pembelajaran, metode pembelajaran, interaksi peserta didik dengan guru saat penerapan program rolling class, dan fokus individu. Sedangkan, pemenuhan persyaratan indikator rolling class dalam penerapan program konvensional terdapat indikator yang tidak memenuhi yaitu struktur pembelajaran, interaksi peserta didik dengan guru, dan fokus pembelajaran individu. Tingkat pencapaian akademik peserta didik yang mengikuti program rolling class tergolong dalam predikat baik, sedangkan tingkat pencapaian akademik peserta didik yang mengikuti program konvensional memperoleh kategori predikat cukup. Berdasarkan hasil analisis uji beda Mann Whitney terdapat perbedaan signifikan dalam pencapaian akademik peserta didik antara kelompok siswa yang mengikuti program rolling class dengan kelompok konvensional di tingkat SMP.
Copyrights © 2024