Desa Sidodadi berada di Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur memiliki potensi unggulan yaitu buah pisang. Melimpahnya buah pisang yang belum dimanfaatkan secara maksimal kemudian menciptakan inovasi makanan baru yaitu Tiwul Pisang. Inovasi makanan baru bukanlah hal yang mudah diterimanya kebutuhan pasar, begitupun yang dialami oleh pelaku UMKM Tiwul Pisang Desa Sidodadi. Pelaku UMKM Desa Sidodadi memiliki kesulitan dalam pemasaran produk. Kegiatan pemasaran yang dilakukan sebatas pada penjualan di toko oleh-oleh atau menawarkan melalui platform whatssapp. Maka dari itu tujuan pengabdian ini adalah untuk mendampingi pelaku UMKM dalam memasarkan inovasi makanan baru Tiwul pisang di era digital saat ini melalui pelatihan digitalisasi pemasaran. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode pendampingan dan pelatihan pemasaran digital. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah terlaksananya kegiatan pelatihan digitalisasi pemasaran kepada pelaku UMKM dan masyarakat Desa Sidodadi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pelatihan dilaksanakan. Hal tersebut terlihat dari adanya peningkatan keterampilan peserta dalam membuat konten pemasaran. Peserta menjadi memiliki pengetahuan dasar tentang digitalisasi pemasaran dan mampu menyusun video atau pamflet promosi yang menarik. Sehingga dengan adanya kegiatan pelatihan ini, peserta dapat melaksanakan pemasaran digital untuk menciptakan peluang pasar dan meningkat perekonomian masyarakat di Desa Sidodadi.
Copyrights © 2025