Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 5 No 1 (2025): JAMSI - Januari 2025

Pendampingan dan Pelatihan Digital Marketing untuk Peningkatan Pendapatan Pelaku UMKM Kota Bogor

Rahim, Dian Anggraeny (Unknown)
Puryandani, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2025

Abstract

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada masa ini merupakan bisnis yang mampu memberikan sumbangan yang besar pada perekonomian wilayah sekaligus mampu mengurangi pengangguran, dan terbukti mampu bertahan pada saat terjadi krisis ekonomi pada masa pandemi. Namun banyak pelaku UMKM yang belum mampu mengikuti trend pemasaran pada saat ini yaitu melalui media sosial. Ketidakmampuan ini pada akhirnya mengurangi pendapatan pelaku bisnis UMKM, karena digital marketing merupakan ujung tombak system pemasaran pada era kini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan selama 3 (tiga) hari yang memberikan pendampingan dan pelatihan pemasaran digital (digital marketing) pada pelaku UMKM kota Bogor. Peserta dalam pelatihan dan pendampingan kali ini adalah 20 (dua puluh) orang, terdiri dari pelaku UMKM kuliner, pakaian dan souvenir pernikahan. Pada hari pertama, metode pendampingan dan pelatihan dimulai dengan melakukan Assessment pada peserta terkait kebutuhan mereka dalam proses produksi. Pada hari kedua dilakukan Focus Group Dissussion (FGD) interaktif pada peserta tentang digital marketing. Pada hari terakhir peserta pendampingan dan pelatihan melakukan presentasi hasil kegiatan dengan menunjukkan akun media sosial yang dibuat dan telah dimasukkan poto produk bisnisnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...