Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada masa ini merupakan bisnis yang mampu memberikan sumbangan yang besar pada perekonomian wilayah sekaligus mampu mengurangi pengangguran, dan terbukti mampu bertahan pada saat terjadi krisis ekonomi pada masa pandemi. Namun banyak pelaku UMKM yang belum mampu mengikuti trend pemasaran pada saat ini yaitu melalui media sosial. Ketidakmampuan ini pada akhirnya mengurangi pendapatan pelaku bisnis UMKM, karena digital marketing merupakan ujung tombak system pemasaran pada era kini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan selama 3 (tiga) hari yang memberikan pendampingan dan pelatihan pemasaran digital (digital marketing) pada pelaku UMKM kota Bogor. Peserta dalam pelatihan dan pendampingan kali ini adalah 20 (dua puluh) orang, terdiri dari pelaku UMKM kuliner, pakaian dan souvenir pernikahan. Pada hari pertama, metode pendampingan dan pelatihan dimulai dengan melakukan Assessment pada peserta terkait kebutuhan mereka dalam proses produksi. Pada hari kedua dilakukan Focus Group Dissussion (FGD) interaktif pada peserta tentang digital marketing. Pada hari terakhir peserta pendampingan dan pelatihan melakukan presentasi hasil kegiatan dengan menunjukkan akun media sosial yang dibuat dan telah dimasukkan poto produk bisnisnya.
Copyrights © 2025