REMIK : Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer
Vol. 9 No. 1 (2025): Volume 9 Nomor 1 Januari 2025

Penerapan Metode Apriori untuk Pembelian di Minimarket

Purnama, Pradani Ayu Widya (Unknown)
Putra, Teri Ade (Unknown)
Afira, Riandana (Unknown)
Wijaya, Romi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2025

Abstract

Agar selalu dapat bertahan dalam persaingan bisnis ataupun minimarket, para pelaku bisnis minimarket harus terus mengembangkan bisnis mereka. Meningkatkan kualitas produk, penambahan jenis produk, pengurangan biaya operasional dan dilakukan analisis data adalah beberapa hal yang dapat ditingkatkan oleh pihak minimarket. Algoritma apriori adalah salah satu algortima terbaik dalam data mining, dengan menggunakan algoritma apriori dan metode market basket analisis ini, peneliti dapat memahami pola pembelian konsumen dengan menganalisis produk-produk yang dibeli. Penelitian ini menghasilkan sebanyak 4 aturan (aturan 1 : Jika pelanggan membeli Produk Susu, mereka cenderung membeli Produk Roti, aturan 2 : Jika pelanggan membeli Produk Roti, mereka cenderung membeli Produk Susu, aturan 3 : Jika pelanggan membeli Produk Roti dan Produk Chiki, mereka cenderung membeli Produk Susu, aturan 4 : Jika pelanggan membeli Produk Susu dan Produk Permen, mereka cenderung membeli Produk Roti). 4 aturan yang didapat tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu referensi bagi pihak minimarket dalam mendukung keputusan untuk melakukan tindakan yang bisa meminimalisir terjadinya penumpukan barang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

remik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

REMIK adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Ganesha Medan yang bertujuan untuk mewadahi penelitian di bidang Manajemen Informatika. REMIK adalah wadah informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis ...