RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 10, No 1 (2024)

PENGEMBANGAN APLIKASI POINT OF ACCOUNTING PADA MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI

Susilowati, Eni (Unknown)
Pratikto, Heri (Universitas Negeri Malang)
Rahayu, Wening Patmi (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Dalam era globalisasi, perkembangan teknologi, terutama di bidang teknologi informasi, meningkat pesat. Salah satu area di mana teknologi informasi berkembang pesat adalah Aplikasi akuntansi berbasis. Oleh karena itu, pengembangan aplikasi berbasis web seperti Point of Accounting sangat diperlukan untuk membantu proses pembelajaran akuntansi. Berdasarkan latar belakang tersebut dapat dirumuskan bahwa permasalahan adalah bagaimana optimalisasi perancangan Point of Accounting berbasis Web yang bisa membantu proses pendataan barang, pembuatan nota penjualan, pembelian dan laporan keuangan. Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar dalam praktik mata kuliah Pengantar Akuntansi masih menggunakan Buku Folio besar selayaknya mata kuliah tersebut. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan model penelitian Research and Development (R&D) atau Penelitian dan Pengembangan. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Point of Accounting di Mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Nahdlatul. Hasil pengembangan sistem pada Aplikasi Point of Accounting berbasis Web yang difokuskan pada proses pembelajaran Pengantar Akuntansi 2 menunjukkan aktivitas sebagai berikut Aplikasi Web Point of Accounting menggunakan model Research and Development (R&D) yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, ujicoba produk, revisi desain dan produk, dan produksi masal. Pada langkah selanjutnya adalah hasil uji coba produk Uji coba lapangan terdapat 4 aspek yang dinilai diantaranya adalah kualitas system menjadi prioritas dalam mata kuliah pengantar akuntansi 2. Navigasi Responden Navigasi menunjukkan 90% menyatakan bahwa kesimpulan sangatbaik. Kepuasan pengguna dalam mengaplikasikan Point of Accounting menyatakan puas. Buku panduan yang digunakan dalam penelitian ini dipergunakan untuk mempermudah responden. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...