JURNAL ADMINISTRASI, KEBIJAKAN, DAN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN (JAK2P)
Vol 5, No 2 (2024): Desember 2024

IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SEKOLAH DASAR

sudirman, husni (Unknown)
ansar, Ansar (Unknown)
faridah, Faridah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Lokasi penelitian Di UPT SPF Sekolah Dasar Inpres  Tamamaung IV Kota Makassar. Subjek penelitian ini yakni kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitian ini adalah kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, serta Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di UPT SPF SD Inpres Tamamaung IV Kota Makassar menerapkan dimensi berakhlak mulia, gotong royong dan kreatif dengan mengangkat tema gaya hidup berkelanjutan. Kegiatan yang diangkat adalah Pengelolaan Sampah mulai dari tahap pengenalan, kontekstual, aksi, refleksi hingga mengolah sampah menjadi sesuatu yang berguna. Faktor pendukung dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah lingkungan sekolah yang masih kurang terjaga, antusias guru dan peserta didik serta dukungan penuh dari orang tua peserta didik. Namun, terdapat faktor penghambat seperti kurangnya sarana dan prasarana di sekolah, belum membentuk tim fasilitator akibat kurangnya keterlibatan dan pemahaman guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JAK2P

Publisher

Subject

Education Other

Description

Administrasi Pendidikan Manajemen Pendidikan Kepemimpinan Pendidikan Supervisi Pendidikan Kebijakan Pendidikan Mutu Pendidikan Inovasi Pendidikan Ilmu ...