Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman adalah salah satu dinas yang berperan penting di Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung. Pelaporan tunjangan dan pajak menjadi faktor penting di dalam dinas tersebut. Namun, terdapat permasalahan yang dialami oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, di antaranya keterlambatan pelaporan tunjangan dan pajak, serta ketidakakuratan pelaporan tunjangan dan pajak. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, cara yang dapat dilakukan adalah menerapkan sistem pelaporan tunjangan dan pajak secara online. Hal ini akan memudahkan pegawai saat melakukan pengunggahan dokumen secara langsung melalui sistem yang dikelola oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Selain itu, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman perlu meningkatkan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan yang memadai. Jenis data yang digunakan dalam pengabdian ini adalah data kualitatif yang dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara mendalam dengan pegawai di bagian Perencanaan Keuangan Pelaporan (PKP). Dengan terwujudnya peningkatan dan penerapan yang dilakukan, diharapkan dapat tercipta sistem yang lebih transparan, akurat, dan tepat waktu. Sehingga, mampu meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas publik serta dapat membentuk sumber daya manusia yang terlatih dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang baru.
Copyrights © 2024