Indonesia sebagai negara besar dengan jumlah penduduk sebanyak 40% di kawasan regional MEA perlu berbenah dalam usaha menciptakan tenaga kerja produktif yang handal. Untuk menjawab tantangan besar yang akan dihadapi pada abad 21 diperlukan kajian kerangka teoritis dalam hal penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh guru melalui STEM dan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). STEM dan TPACK merupakan dua pendekatan pembelajaran yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran sebagai fasilitas belajar dan mengajar di kelas mulai Sekolah Dasar sampai tingkat Universitas. Dalam mendukung upaya Dinas Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai untuk mewujudkan Sekolah Mantab atau Mandiri, Terampil, Asri, dan Berkualitas; Tim Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) Unimed melaksanakan Pelatihan inovasi pembelajaran berbasis STEM dan TPACK untuk guru-guru di SD Negeri 106193 Bakaran Batu pada tanggal 21-22 September 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dengan menerapkan STEM dan TPACK pada pembelajaran di kelas. Metode pelaksanaan program ini terdiri dari beberapa tahap yaitu: Pra Pelatihan, Persiapan Pelatihan,  Pelaksanaan Pelatihan STEM dan TPACK, Penerapan Hasil Pelatihan, Monitoring dan Evaluasi, Pengolahan Data, Peaporan, serta Publikasi. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan kualitas pembelajaran Guru SD di Kecamatan Pantai Cermin yang ditandai dengan peningkatan kualitas perangkat ajar yang disusun guru-guru dan dalam mempraktekkannya di dalam kelas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024