Matematika memiliki karakteristik yang terstruktur, hal ini menyebabkan apabila peserta didik mempunyai motivasi yang cenderung rendah dalam mengikuti pembelajaran matematika pada satuan pendidikan lebih rendah, maka akan berimbas ke satuan pendidikan yang lebih tinggi, namun motivasi belajar matematika peserta didik di Pondok Pesantren Modern Al-Furqan tergolong masih cenderung rendah. Untuk membantu meningkatkan motivasi belajar matematika peserta didik, dapat digunakan media pembelajaran interaktif ClassPoint bernuansa Islami. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif ClassPoint bernuansa Islami pada Pondok Pesantren Modern Al-Furqan sebagai upaya peningkatan motivasi belajar matematika peserta didik. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini terbagi dalam beberapa tahap yakni observasi awal, studi kepustakaan, analisis kebutuhan, pengembangan, sosialisasi, dan pelaksanaan. Pelaksanaan kegiatan ini meliputi empat fase, yakni presentasi, demonstrasi, praktik membuat media pembelajaran, dan diskusi. Dalam tiap fase, peserta kegiatan terlihat antusias dan aktif. Peserta kegiatan yakni seluruh guru mata pelajaran Matematika di Pondok Pesantren Modern Al-Furqan memberikan penilaian sangat baik pada angket kepuasan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
Copyrights © 2025