Penggunaan teknologi telah menjadi salah satu strategi kunci dalam meningkatkan daya saing dan jangkauan pasar bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dodol Bengkel. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untukĀ a) membantu UMKM dalam pengadaan peralatan proses pembuatan dodol dan melakukan differensiasi produk dodol dengan berbagai bentuk, warna dan rasa serta kemasan sehingga dapat menarik konsumen dan b) membantu UMKM dalam menerapkan digital marketing sehingga produk dodol pasar bengkel dapat dipasarkan secara online dan melakukan dokumentasi pembukuan secara digital. Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan dengan menggunakan metode forum group discussion dan melakukan pelatihan pada pemilik usaha UMKM Dodol Bengkel dan karyawan. Hasil dari pengabdian menunjukkan bahwa peserta pelatihan memahami penggunaan mesin pengaduk dodol, pembuatan produk dodol dengan variasi bentuk, rasa dan warna, pemahaman terkait design kemasan produk, pemasaran digital dan pembuatan laporan keuangan secara digital.
Copyrights © 2024