Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Marni Salon Kartasura dengan menggunakan pelatihan sistem smart kasir. Salah satu pelaku UMKM kuliner di Kartasura adalah mitra pengabdian ini. Untuk menerapkan pengabdian masyarakat, participatory action research (PAR) digunakan dalam pengabdian ini. Kegiatan ini dimulai dengan persiapan kegiatan PKM, di mana subjek penelitian menemukan masalah utama yang ingin mereka selesaikan atau ubah. Pada tahap berikutnya, peneliti dan praktisi atau pemangku kepentingan lain dari topik penelitian bekerja sama secara sistematis untuk membuat koordinasi kegiatan dengan mitra. Tahap selanjutnya adalah pelatihan sistem smart kasir untuk lebih memahami cara mempercepat proses jual beli barang dan mencatat transaksi penjualan. Selanjutnya, evaluasi secara langsung dilakukan untuk memastikan bahwa solusi yang diberikan dapat menyelesaikan masalah. Satu set perangkat sistem smart kasir diberikan pada tahap terakhir untuk melakukan identifikasi pembelajaran. Perangkat ini akan digunakan untuk mencatat transaksi penjualan melalui sistem smart kasir. Setelah pelatihan dan pendampingan, pelaku UMKM di Marni Salon Kartasura lebih memahami pentingnya menggunakan sistem smart kasir untuk mencegah kesalahan dalam pembuatan nota, seperti yang dapat dilihat dari perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan sistem smart kasir secara langsung. Menggunakan system smart kasir juga membuat pencatatan keuangan menjadi lebih mudah. Dalam hal pengetahuan, pelaku UMKM memperoleh pengetahuan yang lebih baik tentang pengelolaan keuangan. Menghitung barang masuk dan keluar menjadi lebih mudah karena semua transaksi jual beli tercatat dengan baik dari segi keterampilan. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan pengabdian masyarakat adalah peningkatan omset sebesar 5% menjadi Rp3.150.000.
Copyrights © 2025