Jurnal DIALEKTOLOGI
Vol 9 No 2 (2024): JURNAL DIALEKTOLOGI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KAYUAGUNG

Alia (Unknown)
Yenni Ulan Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap keterampilan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun ajaran 2024. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas VIII.1 dan kelas VIII.3. Teknik analisis data ini menggunakan program SPSS 25 dan analisis dengan ujit. Berdasarkan hasil nilai rata-rata pretest keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas eksperimen 72 dan postest 86,60. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol 65,73 dan postest 78,73. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa thitung (7,991) lebih besar dari ttabel (1,672) dengan derajat keabsahan (df 58) pada taraf signifikasi probability di bawah 0,05 atau 0,000<0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match memiliki pengaruh terhadap keterampilan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Dialektologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April ...