Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Vol. 13 No. 05 (2024): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Edisi Khusus)

MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE APPLE MELALUI AKTIVITAS PEMASARAN MEDIA SOSIAL, INOVASI PRODUK, DAN BRAND IMAGE

Dewi, Wifiani Sukma (Unknown)
Fitriaty, Fitriaty (Unknown)
Musnaini, Musnaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aktivitas pemasaran media sosial dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone, melalui brand image. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 384 orang responden, yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan format skala Likert. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan analisis verifikatif berupa Partial Least Square (PLS). Hasil analisis direct effect membuktikan bahwa; (1) aktivitas pemasaran media sosial secara langsung berpengaruh signifikan terhadap brand image dan keputusan pembelian, (2) inovasi produk secara langsung berpengaruh signifikan terhadap brand image dan keputusan pembelian, dan (3) brand image secara langsung berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara hasil analisis indirect effect membuktikan bahwa; (1) aktivitas pemasaran media sosial secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, melalui brand image, dan (2) inovasi produk secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, melalui brand image. Hasil penelitian ini berimplikasi terhadap upaya peningkatan brand image dan keputusan pembelian smartphone iPhone melalui pengambangan ide-ide yang lebih inovatif dan kreatif untuk seri iPhone berikutnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mankeu

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) merupakan jurnal yang dapat di akses secara terbuka yang diterbitkan secara periodic tiga kali dalam setahun dengan periode April, September dan Desember. Mankeu menerima naskah secara nasionala dan local dari peneliti, akademisi, praktisi dan ...