Studi ini melakukan analisis kualitatif terhadap kinerja kepala sekolah penggerak di sebuah sekolah menengah atas di Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendalami bagaimana kepemimpinan kepala sekolah mempengaruhi pengelolaan sekolah serta dampaknya terhadap peningkatan kualitas pendidikan di lingkungan sekolah tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif terhadap kepala sekolah, guru, staf sekolah, dan anggota komunitas pendidikan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik content analysis untuk mengidentifikasi tema dan pola yang muncul dari data kualitatif, serta menggunakan analisis Rapid Assesment Prosedure (RPA). Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja kepala sekolah penggerak di wilayah Jakarta Barat sudah memuaskan, hal ini terlihat dari hasil data penilian dari suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat pada informan serta wawancara mendalam yang dilakukan oleh para stake holder. Terlepas masih ada beberapa hal kekurangan sifatnya masih minor dan bisa diperbaiki melalui komunikasi sehingga permasalahan bisa diselesaikan secara akurat dan cepat. Analisis kualitatif kinerja kepala sekolah sebagai penggerak di sebuah sekolah menengah atas di wilayah Jakarta Barat memberikan wawasan mendalam tentang tantangan dan prestasi dalam kepemimpinan pendidikan. Kepala sekolah penggerak diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam tentang strategi kepemimpinan yang efektif dalam konteks sekolah penggerak, serta implikasi praktisnya terhadap pengembangan kebijakan pendidikan di tingkat lokal dan nasional.
Copyrights © 2024