Penelitian ini membahas penerapan strategi pembelajaran IPA yang menyenangkan di sekolah dasar (SD) untuk menumbuhkan rasa penasaran dan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep ilmiah. Dengan menggunakan media interaktif, aktivitas kreatif seperti eksperimen, proyek kelompok, dan permainan edukatif, penelitian ini menunjukkan bagaimana metode-metode tersebut dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa. Penggunaan teknologi, seperti animasi dan simulasi, bersama dengan kegiatan praktik, memberikan pengalaman belajar yang dinamis, pendekatan ini membantu siswa memahami konsep-konsep IPA yang sulit dengan cara yang lebih nyata. Selain meningkatkan pemahaman, metode ini juga mendorong perkembangan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Penelitian ini juga mengidentifikasi berbagai tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan pendekatan tersebut, seperti keterbatasan sumber daya, kurangnya pelatihan untuk guru, dan keberagaman latar belakang siswa. Di samping itu, penelitian ini menekankan pentingnya kerjasama antara guru, sekolah, dan orang tua untuk mengatasi hambatan-hambatan yang ada. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan perlunya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif guna mendukung pencapaian akademik siswa dan sikap mereka terhadap IPA.
Copyrights © 2025