MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 11 No 4 (2024): Desember

Pemanfaatan Media Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Analisis Berdasarkan Studi Literatur

Qomah, Faiza Isti (Unknown)
Qosim, Muhammad Nanang (Unknown)
Ghofur, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Peran media pembelajaran bagi pendidikan merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi proses pembelajaran. Penelitian ini menganalisis pemanfaatan augmented reality (AR) dalam pembelajaran bahasa Arab dikarenakan adanya kolaboras teknologi dunia maya dan dunia nyata, yang dimaksud dengan memenuhi tiga syarat dalam penggunaannya menggabungkan benda maya dan nyata dengan dijalankan secara real time mendaftarkan objek nyata dan maya satu sama lain. Dengan metode studi pustaka, peneliti memanfaatkan augmented reality (AR) dalam pemanfaatannya di berbagai jenjang pendidikan berdampak pada pemberian pengalaman belajar kepada peserta didik, pembelajaran semakin interaktif terintegrasi teknologi khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab, memberikan pemahaman yang konkrit dalam pembelajaran, peserta didik mudah mengingat karena disertai dengan gambar. Augmented Reality sendiri dapat menarik perhatian karena adanya kolaborasi dunia maya dan dunia nyata. Pengumpulan data menggunakan metode kajian pustaka secara sistematis dengan cara mengumpulkan artikel-artikel yang memiliki penelitian sejenis pada artikel penelitian tahun 2017 sampai dengan 2023 pada jurnal nasional dan internasional. Sebagai kesimpulan, dari duabelas penelitian media augmented reality (AR) menjelaskan bahwa media ini menawarkan potensi yang besar dalam pemanfaatan media pada pembelajaran bahasa Arab yang telah terintegrasi menggunakan teknologi dalam pendidikan dengan dampak yang positif bagi peserta didik dan guru.

Copyrights © 2024