Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Vol 5 No 4 (2024): Jurnal Applied Science in Civil Engineering

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA ELEMEN GAMBAR TEKNIK PADA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GEOSPASIAL DI SMK N 2 PAYAKUMBUH

Endri, Tahfidhul Irsyad (Unknown)
Ihsan, Muhammad (Unknown)
Silalahi, Juniman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada Elemen Gambar Teknik pada kelas X Geo di SMK N 2 Payakumbuh. Untuk mengungkap permasalahan yang terjadi pada kelas X Geo ini, maka perlu menerapkannya metode pembelajaran Tutor Sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Tutor Sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa peserta didik pada kelas X Geo 2 di SMK N 2 Payakumbuh. Jenis Penelitian ini adalah quasi experiement(experiment semu) dengan desain pretest-postest control grup design. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas X Geo di SMK N 2 Payakumbuh tahuan ajaran 2024/2025 yang terdiri dari kelas X Geo 1 dan X Geo 2. Pelaksanaan instrument uji coba yang terdiri dari 30 sampel yang berasal dari XI Geo di SMK N 2 Payakumbuh. Data penelitian ini terdiri dari tes hasil belajar (pretest, postest dan gain score berupa soal objketif sebanyak 40 soal. Data diuji menggunakan bantuan aplikasi software SPSS versi 14. Berdasarkan hasil penelitian dari perhitungan hipotesis didapatkan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ASCE

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. ...