Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi media evaluasi pembelajaran berbasis gimkit terhadap hasil belajar siswa dan presepsi siswa kelas X DPIB SMK Negeri 4 Pariaman, serta pratikalitas media evaluasi pembelajaran berbasis gimkit pada pelajaran K3LH. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen. Pada penelitian ini desain yang digunakan pre eksperimental design dengan jenis desain one group pretest posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil belajar dari perhitungan uji Mann Whitney U-Test dan Paired Sample T Test diperoleh nilai Asymp.Sig < 0.05 atau 0.000 < 0.05 maka terdapat pengaruh sesudah diberikan media evaluasi pembelajaran berbasis gimkit perlakuan yaitu Nilai rata rata siswa yang diperoleh pada tes awal pre test yaitu sebesar 61.15 dan tes akhir post test yaitu nilai rata rata 83.41. Pengaruh nilai presepsi didapatkan bahwa pengunaan media evaluasi pembelajaran dengan mode konvesional didapatkan 63,95 kategori baik yang berarti presepsi siswa dengan kategori baik sementara pengunaan media evaluasi pembelajaran berbasis gimkit 84,50 ketegori sangat baik. Sedangkan pada uji pratikalitas siswa didapatkan data hasil rata-rata 86,91% dan guru sebesar 95,33%. sedangkan untuk pratikalitas didapatkan data hasil rata-rata 86,91 kategori sangat praktis.
Copyrights © 2024