Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Tilatang Kamang dengan jumlah populasi yaitu 36 guru. Metode yang peneliti gunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekarang kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan angket kepada seluruh guru dengan tujuan untuk mendapatkan data tentang bagaimana persepsi guru terhadap penerapan Kurikulum Merdeka di SMK N 1 Tilatang Kamang. Selain itu, teknik pengumpulan data lainnya yaitu dengan observasi dan wawancara.Data yang telah didapatkan pada saat penelitian kemudian dianalisis untuk mendapatkan hasil persentase pada masing-masing indikatornya, indikator yang diteliti yaitu persepsi guru tentang perencanaan pembelajaran, persepsi guru tentang pelaksanaan pembelajaran dan persepsi guru tentang penilaian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi guru terhadap perencanaan pembelajaran di SMK N 1 Tilatang Kamang sudah sangat baik dengan rata-rata 87.32%, persepsi guru terhadap pelaksanaan pembelajaran di SMK N 1 Tilatang Kamang sudah diterapkan dengan baik oleh guru-guru dengan rata-rata 83.45%, dan persepsi guru terhadap penilaian pada Kurikulum Merdeka di SMK N 1 Tilatang Kamang udah sangat baik dengan rata-rata indeks TCR yaitu 85.74%.
Copyrights © 2024